Beranda > Belajar Ngaji, Dunia islam > Utsman bin Affan (Sang Khalifah Ketiga yang Dermawan)

Utsman bin Affan (Sang Khalifah Ketiga yang Dermawan)


Utsman bin Affan dijuluki  Dzun Nurain (pemilik dua cahaya). Ia suami dari kedua putri Rasulullaah saw.
Ia juga melakukan hijrah dua kali. Ketika umat Islam awal sering disiksa oleh kaum kafir Quraisy, Utsman mengajak keluarganya berhijrah ke negeri Habasyah. Saat dakwah Islam sampai di Mekah, ia termasuk orang yang pertama memeluk Islam.

Mulanya, setelah mendengar kedatangan nabi baru yang membawa agama Islam, Utsman pun segera masuk Islam menyusul Abu Bakar. Utsman adalah seorang pemuda bangsawan berusia sekitar 20 tahunan ketika masuk Islam dengan kesadaran sendiri. Ia juga seorang pedagang besar di masanya, terkenal dengan kelembutan dan kedermawanannya.Utsman memiliki sifat santun dan pemalu, yang sangat disukai oleh Rasulullaah saw, bahkan oleh para malaikat.

Bagaimana ceritanya Utsman bin Affan mendapat julukan Dzun Nurain? Begini kisahnya….

Begitu mendengar Abu Lahab memutuskan pertunangan anaknya dengan putri Rasulullaah saw, Utsman bin Affan segera menghadap Rasulullaah untuk melamar putri beliau. Rasulullaah saw pun menikahkan Ruqayyah dengan Utsman.

Utsman sebagai suami yang lembut dan penyayang,  sangat memperhatikan keluarganya dengan baik. Ia juga seorang pejuang yang pemberani. Demi mempertahankan Islam, Utsman dan keluarganya berhijrah ke Madinah. Utsman juga senantiasa ikut dalam setiap peperangan bersama Rasulullaah saw

Ketika pulang dari perang Badar, Rasulullaah saw mendapati kalau Ruqayyah telah wafat setelah beberapa lama sakit keras. Utsman bersedih. Begitu juga Rasulullaah saw. Lalu Rasulullaah saw menikahkan Utsman dengan putri beliau yang lain, yaitu Ummu Kultsum. Mereka pun hidup bahagia. Begitulah, mengapa Utsman mendapat julukan Dzun Nurain.

Di tengah kesibukannya sebagai saudagar kaya raya dan pembantu utama Rasulullaah saw, Utsman bin Affan tidak melupakan kebiasaan shalat malam dan tilawah Alquran. Bahkan Utsman  dikenal sebagai sahabat yang biasa mengkhatamkan Alquran setiap 3 hari!!

Berarti ia selalu membaca 10 juz alquran tiap hari.

Utsman pun dikenal sebagai sahabat yang sangat sering berinfaq di jalan Allah dengan jumlah yang sangat luar biasa. Kedermawanannya sangat disukai oleh Rasulullaah saw dan diganjar surga Firdaus oleh Allah SWT.

Bahkan hingga saat ini, pemanfaatan  dari wakaf sumur dan tanah di sekitarnya di daerah madinah masih dapat dinikmati oleh umat muslim di seluruh dunia.

Setelah Umar bin Khattab wafat, Utsman ditunjuk sebagai khalifah yang ketiga. Utsman memimpin rakyat sebaik mungkin. Dimasa kekhalifahannya, alquran disatukan menjadi 1 kitab yang disebut mushaf utsmani. Mushaf inilah yang diperbanyak sehingga kaum muslimin di seluruh penjuru dunia hingga sekarang bisa membaca alquran yang sama persis penulisannya.

Tapi sayangnya tak sedikit pula orang yang membenci Utsman. Berbagai kabilah dari Mesir bersatu memusuhi Utsman. Mereka mengepung rumah Utsman selama 40 malam. Akhirnya, Utsman wafat di tangan pemberontak tersebut.

Malam sebelum wafat, Utsman bermimpi Rasulullaah saw memanggilnya bersama Abu Bakar. Ia yakin dirinya akan menemui Rabbnya. Keesokan harinya Utsman berpuasa. Ia wafat dalam keadaan berpuasa dan sedang membaca Alquran. Sungguh indah kematian Utsman, husnul Khatimah.

Anakku sayang, kemuliaan dan kebaikan Utsman patut kita contoh. Jadilah anak yang santun, lembut dan dermawan seperti Utsman. Ia sangat penyayang terhadap istri dan keluarganya. Selain itu mari kita tiru kecintaannya terhadap alquran. Kita tilawah alquran setiap hari ya, semoga Allah mempertemukan kita dengan Rasulullaah saw dan para sahabat yang mulia di akhirat kelak. Aamiin.


Disadur dari berbagai sumber dan 99 Kisah Teladan Sahabat Dekat Nabi Muhammad, halaman 9-10.

Penulis : Ummu Haidar
Penerbit: Saufa Kids, Jogjakarta.
http://www.divapress-online.com


20150507233439ENSIKLOPEDIA PERADABAN ISLAM

(klik gambar untuk lihat detail buku)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: