Beranda > Belajar Ngaji, Berbagi ilmu, Berbagi Tips, Dunia islam, Renungan > Dari 7 Macam Persahabatan, Hanya 1 Yang Sampai Akhirat

Dari 7 Macam Persahabatan, Hanya 1 Yang Sampai Akhirat


31455_10200476845508165_192118523_n

Tahukah Anda bahwa ternyata ada 7 macam ikatan persahabatan. Namun pada akhirnya dari 7 macam ikatan persahabatan hanya ada 1 yang sampai akhirat. Apa saja macam persahabatan itu dan mana yang sampai hingga akhirat??? Yuk mari kita simak!

1. “Ta’arufan“, adalah persahabatan yang pernah terjalin karena berkenalan secara kebetulan, seperti pernah bertemu di kereta api, halte, rumah sakit, kantor pos, ATM, bioskop dan lainnya.

2. “Taariihan“, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor sejarah, misalnya teman sekampung, satu almamater, pernah kost bersama, diklat bersama dan sebagainya.

3. “Ahammiyyatan“, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor kepentingan tertentu, seperti bisnis, politik, boleh jadi juga karena ada maunya dan sebagainya.

4. “Faarihan“, adalah persahabatan yang terjalin karena faktor hobi, seperti teman futsal, badminton, basket, berburu, memancing dan sebagainya.

5. “Amalan” adalah persahabatan yang terjalin karena satu profesi misalnya sama-sama guru, dokter, dan sebagainya

6. “Aduwwan“, adalah seolah sahabat tetapi musuh, di depan seolah baik tetapi sebenarnya hatinya penuh benci, menunggu mengincar kejatuhan sahabatnya.

“Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertaqwa, niscaya tipu daya mereka sdikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan.” (QS. 3 : 120).

Rasulullah SAW mengajarkan doa:

“Allahumma ya Allah, selamatkanlah hamba dari sahabat yang bila melihat kebaikanku ia sembunyikan, tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan”.

7. “Hubban limaan“, adalah sebuah ikatan persahabatan yang lahir bathin tulus saling cinta dan sayang karena Allah, saling menolong, menasehati, menutupi aib sahabatnya, memberi hadiah, bahkan diam-diam dipenghujung malam ia doakan sahabatnya. Boleh jadi ia tidak bertemu setiap hari, tetapi ia mencintai sahabatnya karea Allah Ta’ala.

Dari ke 7 macam persehabatan diatas, ikatan persahabatan 1 – 6 akan sirna di akhirat. Dan yang tersisa hanya ikatan persahabat yang ke-7, yaitu persahabatan yang dilakukan karena Allah SWT.

“Teman-teman akrab pada hari itu (kiamat) menjadi musuh bagi yang lain, kecuali persahabatan karena ketaqwaan”. (QS.43 : 67).

Sahabat yang baik selalu saling mengingatkan dalam kebaikan dan kesabaran.

Lalu adakah kita memiliki ikatan persahabatan yang ke-7 dengan sahabat kita???

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: