Beranda > Berbagi Tips > 6 Cara Bangun Pagi Tanpa Ogah-ogahan

6 Cara Bangun Pagi Tanpa Ogah-ogahan


Bagi sebagian orang bangun tidur di pagi hari merupakan sesuatu yang sulit dilakukan. Tak jarang kita bermalas-malasan atau menarik kembali selimut kita padahal sudah waktunya bersiap-siap untuk melakukan aktivitas baik di sekolah maupun di tempat kerja. Lantas bagaimana cara mengatasinya?

Merasa segar kembali dan siap untuk melakukan aktivitas di pagi hari bukanlah hal mudah terutama dengan setumpuk pekerjaan yang membuat stress dan terpaksa menyita waktu tidur. Sebagian besar beralih ke kaffein untuk bisa bertahan, tetapi ini hanya bersifat sementara dan setelah beberapa jam Anda akan kembali merasa perlu untuk tidur
sebentar.

Berikut petunjuk memulai pagi hari dengan benar tanpa harus merasa kekurangan tidur:

1. Tidur awal, bangun awal
Para ahli menyarankan sebaiknya tidur enam sampai delapan jam per malam bagi orang dewasa agar merasa lebih segar. Beberapa orang mungkin butuh lebih atau kurang tergantung pola tidur masing-masing. Jika Anda seorang yang tidurnya gelisah, cobalah tidur setengah jam lebih awal dari biasa Anda lakukan dan bangun kira-kira 15 menit lebih awal. Anda akan heran dimana 15 menit dapat membuat perbedaan yang besar dalam hari-hari Anda.

2. Bangun dengan tepat
Suara keras dan bising dari weaker bukanlah cara untuk bangun setelah tidur malam yang kurang. Gunakanlah alarm radio dimana Anda akan terbangun dengan lantunan musik yang tidak menggeratak sistem kerja tubuh Anda di pagi hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa suara yang keras dapat mengagetkan sistem kerja tubuh saat bangun, sebaliknya musik tidak akan mengagetkan dan membuat Anda bangun lebih natural dan tenang.

3. Olahraga pagi
Tidak ada yang dapat Anda lakukan lebih baik selain olahraga pagi dan ini tidak perlu dilakukan seperti olahraga rutin. Lakukan lari atau jalan setengah jam atau bahkan gerakan-gerakan yoga. Ini tidak hanya membuat pagi hari Anda terasa lebih baik, tetapi Anda terlihat lebih baik juga.

4. Makan pagi
Sarapan adalah kunci bangun yang tepat. Jus buah-buahan, sereal atau buah dapat memberi Anda semua energi dan gizi yang Anda butuhkan untuk memulai hari-hari dengan tepat. Jangan menghentikan sarapan dan cobalah untuk tidak terlalu banyak kafein dan gula di pagi hari. Ini penghilang ngantuk yang bersifat sementara dan akhirnya Anda akan merasa lebih buruk.

5. Rencanakan dan persiapkan sebelumnya
Tidak ada yang lebih buruk dibanding dengan tergesa-gesa di pagi hari untuk mencari baju, sepatu dan kunci. Sisihkan waktu malam hari untuk mengumpukan keperluan pagi hari, sehingga Anda akan merasa begitu banyak waktu yang dapat Anda hemat dengan melakukan ini.

6. Ambil napas dalam
Tidak biasa bangun di pagi hari dengan perasaan tidak enak dan gugup, terutama Anda akan menghadapi hari-hari sibuk. Ketika Anda merasakan ini, carilah tempat relaksasi dan tariklah napas dalam-dalam.

  1. Oktober 26, 2010 pukul 10:53 am

    Wiw thankst nih tipsnya🙂

  2. Juni 5, 2011 pukul 7:31 pm

    woke..

  3. kiki
    Februari 1, 2012 pukul 8:09 am

    jgn lupa selalu apdet y.

  4. godonk gedank
    Maret 22, 2012 pukul 3:47 pm

    bagus..😀

  5. robert
    Juni 9, 2012 pukul 2:32 pm

    cip trikny
    mg sy bs mnjalankan

  6. Kiki
    Februari 14, 2013 pukul 1:07 am

    Di coba ya tips ny

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: