Beranda > Berbagi Tips > Tips bermain futsal yang asyik

Tips bermain futsal yang asyik



Futsal alias sepakbola mini merupakan olahraga yang sangat digandrungi oleh banyak kalangan, baik itu pelajar sekolah SD, SMP, SMA, mahasiswa, karyawan bahkan selebritis pun menjadikan futsal sebagai olahraga favorit mereka. Olahraga ini pun tak hanya diminati oleh kaum adam saja, tetapi banyak juga diminati oleh kaum hawa termasuk  sebagian akhwat pun menyukai permainan ini. Permainan futsal ini bisa dibilang sangat unik karena dianggap bisa menghipnotis banyak orang dengan permainan ini layaknya orang yang kecanduan merokok. Banyak orang rela mengantri bermain futsal hingga tengah malam, bahkan membatalkan janji dengan klien atau orang lain demi bermain futsal. Tetapi tentunya futsal banyak memberikan dampak positif terutama dalam hal kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung dan paru-paru kita. Dengan keluarnya keringat yang banyak dapat membantu tubuh kita untuk mengeluarkan toksin-toksin yang ada didalam tubuh, sekaligus dapat melatih otot-otot kita yang tadinya kurang bekerja dengan baik menjadi lebih baik. Karena didalam olah raga futsal itu sendiri memerlukan konsentrasi dan hal tersebut akan membuat otak kanan dan kiri kita bekerja hingga akhirnya merangsang seluruh otot-otot yang ada untuk bekerja dengan keras. Permainan futsal akan sangat menarik dan enjoy apabila kita bermain dengan asyik. Bagaimana bermain futsal yang asyik, berikut coba ane paparkan tips bermain futsal yang asyik :

1. Team work

Kekompakkan dan kerjasama tim merupakan kunci utama dalam permainan futsal. Namun sebagian orang terkadang asyik bermain sendiri ( individual ) tanpa memperhatikan teman satu tim disekelilingnya. Dengan pola permainan individu seperti itu hanya asyik untuk sendiri tetapi tidak asyik dengan satu tim. Justru yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah permainan yang asyik untuk satu tim. Karena apabila satu tim bermain dengan asyik maka keasyikan itu akan kita rasakan juga buat diri sendiri.

2. Komunikasi

Komunikasi tidak hanya saja berlaku untuk hubungan kita dengan atasan, relasi atau pasangan kita, tetapi dalam permainan futsal pun diperlukan adanya komunikasi. Komunikasi yang baik dalam permainan futsal akan menciptakan permainan yang cantik dan asyik. Lalu bagaimana cara berkomunikasi dalam permainan futsal, apakah lewat telfon atau sms?😀, tentunya tidak serepot itu. Cara berkomunikasi didalam permainan futsal bisa menggunakan kode-kode, misalnya mengarahkan pandangan mata ke arah yang dituju, atau dengan menggunakan gerakan tangan atau menggunakan suara-suara.

3. Kenali Kawan

Kenali kawan Anda mulai dari postur tubuh sampai skill permainan, apakah teman satu tim Anda termasuk orang yang memiliki postur tubuh tinggi, pendek, besar, kurus. Kemudian bagaimana skill permainan teman Anda dalam melakukan dribling, passing, shooting controlling, sprinting. Sesuaikan passing yang akan kita berikan kepada teman sesuai dengan postur dan skill masing-masing. Perhatikan juga posisi dan arah gerakan teman satu tim Anda apakah mereka dalam kondisi siap untuk menerima bola passing atau tidak.

4. Kenali Lawan

Selain kita harus mengenal kawan satu tim, kita juga harus mengenal lawan kita seperti apa, apakah mereka berpostur tubuh tinggi, pendek, besar, kurus dan bagaimana skill musuh kita apakah mereka memiliki gerakan yang cepat atau lambat, sprint yang kencang dan sebagainya. Tujuan kita mengenal lawan kita adalah agar kita bisa menyesuaikan permainan kita dengan lawan.

5. Irama atau Tempo

Perhatikan irama atau tempo permainan. Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat, buat permainan menjadi seirama dengan ketukan-ketukan seperti tangga nada musik yang tersusun maka permainan akan terdengar indah layaknya lantunan musik (lebay -_-“).  Intinya tim yang mengatur apakah irama permainan harus cepat atau lambat, biasanya tempo permainan akan terlihat cepat apabila kita bermain di awal-awal dan biasanya tempo permainan akan melambat apabila kita bermain di akhir waktu akibat kelelahan atau jam sewa lapang sudah mau habis.😀

6. Passing selagi senggang

Lakukan passing selagi senggang ketika teman satu tim kita dalam posisi bagus dan kosong. Bukan passing sewaktu tegang (kepepet), yang ada malah jadi tegang dengan teman sendiri. Passing seperti ini yang harus kita hindarkan, biasanya orang-orang yang bermain individualis ketika ia men-drible bola kemudian tidak bisa melewati musuh dan posisinya mepet, maka mau tidak mau bola itu di passing ke arah teman yang tidak mungkin di passing atau ke arah mana saja yang penting bolanya sudah tidak ada pada dia sehingga lepas tanggung jawab. Hal-hal seperti itu yang akan membuat permainan menjadi tidak asyik lagi.

7. Jagalah hati

Kata Aa Gym kalau kita berinteraksi dengan orang lain maka harus pandai-pandai menjaga hati agar tidak dikuasai oleh hawa nafsu. Sama halnya juga dengan bermain futsal, kita harus pinter jaga hati alias emosi. Jangan sampai emosi merusak permainan tim. Kebanyakan yang terjadi adalah ketika salah satu orang sudah terpancing emosi didalam satu tim, maka akan merusak permainan yang sebelumnya tertata dengan baik menjadi berantakan. Emosi juga dapat memberikan dampak yang buruk tidak hanya di lapangan tetapi sampai ke luar lapangan.

8. Sportivitas

Sportivitas merupakan poin penting dalam setiap permainan atau olahraga. Menjunjung tinggi sportivitas merupakan sikap kesatria para jagoan lapangan. So, sportiflah dalam permainan😀

9. Patungan

Dari sembilan poin tips bermain futsal yang asyik, poin 9 adalah salah satu syarat yang terpenting agar bermain futsal menjadi asyik, yaitu patungan.😀 , tapi malah poin 9 ini yang kadang memberatkan futsalover terutama panitia atau koordinator tim futsal, apalagi kalau disuruh nombokin. Nah, yang kayak gini nih yang buat permainan futsal jadi gak asyik😀

-Jhans-

  1. ftr
    Oktober 23, 2010 pukul 2:52 pm

    hahaha.. Emang lo udah byar iuran futsal? Kiding.com.
    Btw kemarin rabu main futsal masalah dpt hadiah, kaki bengkak aka cedera engkel. Tp mudah2an rabu dpan bisa main lagi.
    Piss..

  2. Oktober 26, 2010 pukul 12:54 pm

    sssssstttt,,,,yang itu gak usah di bahas di sini,,,,bisa turun reputasi nih,,,besok rabu gw bayar dah,,,,hahahahahahahaha

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: